• Home » » » Desa Tolai

    Desa Tolai


    TOLAI, adalah nama sebuah desa kecil di kawasan kecamatan torue kabupaten marigi moutong, sulawesi tengah. Sebelum tahun 60 an wilayah ini hanyalah sebuah hutan dan hanya penduduk asli yang mendiami daerah ini, yaitu penduduk kaili. Karena ada kebijakan dari presiden suharto untuk mengadakan transmigrasi dari daerah berkembang ke daerah belum berkembang.

    Pada awal tahun 1962 datang transmigrasi dari Bali di sebuah hutan dan di beri nama ASTINA dari sanalah mucul perkembangan orang bali di TOLAI dan akhirnya pada awal tahun 2005 keadaan wilayah tolai yang dulu kini berubah menjadi tempat yang sangant strategis dari segala bidang terutama dari bidang pertanian dan perdagangan. Hasil pertanian dari desa ini adalah buah cacao, cingkeh , dan yang paling terbesar adalah pertanian Padi. Tidak salah kalau salah satu Bupati Parigi Moutong menyebut desa ini sebagai desa BERAS. 

    Banyak hal yang terkadang merupakan perpaduan antara kebudayaan bali dan kebudayan asli di daerah itu, tapi yang sekarang lebih menonjol adalah kebudayaan dari suku pulau dewata itu (Bali). Dari prasarana pendidikan cara bercocok tanam dan cara bermasyarakat semuanya terkadang hampir menyerupai daerah bali. Sampai sekarang tempat ibadah ( pura ) sudah tersebar didaerah ini. Hampir 50 pura lebih ada di daerah ini. Kemungkinan 50 tahun kemudian bali ke dua adalah julukan yang paling tepat. Yang paling mendasar antara orang bali adalah keinginannya untuk mempertahankan budaya bali walaupun sudah bukan berada di pulau seribu pura lagi, yaitu dengan cara mengajarkan keturunan dari generasi ke generasi yang akan membuat perubahan baru di tolai, sehingga Desa Tolai menjadi desa kebanggaan kita semua.

    Jika ada dari para pembaca yang mengetauhi Sejarah lengkap Desa Tolai, saya sangat senang sekali jika anda mau berbagi dengan cara memberikan komentar tentang Desa Tolai.


    ▂ ▃ ▅ Artikel Terkait ▅ ▃ ▂

    Anak Rantau